top of page
Redaktur: Audri Rianto

Pastikan Kualitas Air Tambak Tetap Optimal Dengan 6 Alat Ini

Kualitas air tambak adalah instrumen penting dalam menciptakan tambak dengan produktivitas tinggi. Kualitas air tambak sendiri dipengaruhi oleh beberapa parameter penting, yang mana saat beberapa parameter tersebut dalam keadaan stabil maka kualitas air juga akan stabil.



 

Parameter-parameter yang dimaksud adalah kadar oksigen terlarut, derajat keasaman atau pH air, kadar salinitas, tingkat kecerahan air, suhu serta tingkat toksisitas zat seperti amonia, nitrit dan nitrat. Untuk mencapai kualitas air yang ideal, petambak harus memastikan semua parameter yang telah disebutkan dalam keadaan optimal.

 

Maka dari itu, petambak sangat dianjurkan untuk memantau parameter-parameter tersebut secara berkala, dan untuk memantaunya petambak memerlukan alat bantu yang bisa memberikan hasil secara langsung atau real time. Berikut ini beberapa alat yang dapat membantu petambak untuk memantau parameter-parameter kualitas air.

 

DO Meter

DO Meter atau Dissolved Oxygen Meter adalah alat yang digunakan untuk mengukur kadar oksigen terlarut (DO) dalam air tambak. Oksigen terlarut adalah parameter kritis dalam pemantauan kualitas air, karena secara langsung berhubungan dengan keberlanjutan kehidupan akuatik, seperti udang.

 

DO Meter bekerja dengan mengukur tegangan yang dihasilkan oleh reaksi antara oksigen dengan elektroda khusus. Hasil pengukurannya ditampilkan pada layar digital dengan satuan milligram per liter (mg/L) atau milliliter per liter (ml/L)1. Alat ini sangat penting dalam industri perikanan, terutama pada usaha budidaya udang untuk mengontrol kualitas air.

 

pH Meter

pH Meter secara umum digunakan untuk mengukur tingkat keasaman atau kebasaan suatu zat, namun pada dunia budidaya udang pH meter digunakan untuk mengukur tingkat keasaman air di tambak udang. Alat ini sangat penting untuk memastikan bahwa pH air tetap berada dalam rentang yang optimal untuk pertumbuhan dan kesehatan udang. pH Meter memberikan pengukuran yang akurat tentang tingkat keasaman atau kebasaan air. pH yang ideal untuk tambak udang berkisar antara 7,5-8,51.

 

Salinity Refractometer

Salinity Refractometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur kadar garam (salinitas) dalam air tambak udang. Alat ini sangat penting dalam budidaya udang, karena salinitas yang tepat sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan kesehatan udang.

 

Salinity Refractometer bekerja dengan prinsip pembiasan cahaya. Ketika cahaya melewati air, cahaya tersebut akan dibelokkan atau dibiaskan. Derajat pembiasan ini tergantung pada konsentrasi garam yang ada dalam air. Refractometer mengukur sudut pembiasan ini dan mengonversinya menjadi nilai salinitas yang dapat dibaca pada skala alat.

 

Secchi Disk

Secchi Disk adalah alat yang digunakan untuk mengukur kecerahan atau transparansi air dalam tambak udang. Alat ini berbentuk cakram pipih dengan warna hitam putih yang digunakan untuk menentukan seberapa dalam cahaya dapat menembus air. Kejernihan air yang diukur menggunakan Secchi Disk dapat memberikan gambaran tentang kualitas air tambak. Air yang terlihat lebih jernih biasanya menunjukkan kualitas air yang lebih baik, namun kejernihan tidak boleh lebih dari 40 cm.

 

Termometer

Termometer secara garis besar merupakan alat yang digunakan untuk mengukur suhu, namun dalam dunia budidaya udang termometer berfungsi sebagai pengukur suhu air tambak. Suhu air merupakan parameter penting yang mempengaruhi kesehatan dan pertumbuhan udang. Dengan menggunakan termometer, petambak dapat memantau suhu air secara akurat dan memastikan bahwa suhu tetap dalam kisaran optimal, yaitu antara 28-30°C.

 

Kit Uji Amonia, Nitrit dan Nitrat

Kit uji amonia, nitrit dan nitrat merupakan alat uji yang digunakan untuk mengetahui kadar amonia, nitrit dan nitrat yang ada pada air tambak. Alat uji ini terdiri dari reagen yang terbuat dari zat berbeda antara kit uji dari ketiganya serta sebuah tabung uji yang apabila digunakan, ia akan secara langsung memberikan hasil yang akurat. Kit uji amonia, nitrit dan nitrat biasanya dijual terpisah, namun petambak perlu memiliki ketiganya agar pemantauan kualitas air tambak dapat berjalan maksimal.



Baca Juga

39 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page