top of page
Redaktur: Audri Rianto

Pastikan 6 Nutrisi Ini Ada pada Pakan Udang

Membudidayakan udang bukanlah perkara yang mudah, sebab petambak harus tahu betul langkah-langkah untuk membuatnya tumbuh dan berkembang dengan baik. Memilih pakan yang baik dan berkualitas tinggi merupakan salah satu aspek yang paling krusial untuk menciptakan udang yang sehat.



 

Pakan berkualitas diharapkan mampu mendukung pertumbuhan udang serta meningkatkan daya tahannya terhadap serangan penyakit dan stres lingkungan. Pada artikel kali ini, kami akan mengulas berbagai komponen nutrisi penting yang wajib terkandung pada pakan udang.

 

1. Protein

Protein adalah komponen utama dalam pakan udang, karena protein sendiri digunakan udang untuk pertumbuhan, perbaikan jaringan, serta produksi enzim. Untuk dapat dikatakan berkualitas, pakan udang setidaknya harus mengandung sekitar 35% protein, yang terdiri dari protein hewani, seperti tepung ikan, dan protein nabati, seperti tepung kedelai.

 

2. Lipid

Lipid atau lemak merupakan sumber energi  terpenting kedua setelah protein. Peran lemak pada pakan udang cukup krusial, yakni membantu proses penyerapan vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A, D, E, dan K. Walaupun sangat bermanfaat bagi udang, namun jumlahnya tidak boleh terlalu banyak pada pakan. Rasio lipid terhadap karbohidrat yang paling baik dalam pakan udang adalah 1:4.

 

3. Karbohidrat

Karbohidrat adalah sumber energi utama dalam pakan udang. Karbohidrat berperan dalam menjaga keseimbangan energi yang akan digunakan untuk aktivitas hariannya. Sumber karbohidrat dalam pakan udang sangat bervariatif, namun biasanya bahan nabati seperti tepung gandum. Karbohidrat juga membantu udang dalam membentuk zat kitin, yakni zat yang dibutuhkan dalam pembentukan cangkang udang.

 

4. Vitamin dan Mineral

Sama seperti makhluk hidup lainnya, udang juga memerlukan vitamin dan mineral untuk menunjang kesehatannya. Umumnya, udang membutuhkan vitamin untuk proses pigmentasi atau pewarnaan, serta meningkatkan imunitas terhadap serangan patogen penyakit. Vitamin C, vitamin E, dan vitamin B kompleks merupakan vitamin-vitamin yang dibutuhkan oleh udang untuk hidup sehat dan normal.

 

Mineral seperti kalsium, fosfor, magnesium, dan kalium juga harus ada pada pakan udang, karena keempat mineral tersebut sangat dibutuhkan udang dalam proses pertumbuhan dan perkembangannya, terutama pada pembentukan jaringan, proses metabolisme serta menjaga kondisi fisiologis udang (osmosis) tetap stabil dan optimal.

 

Pemberian vitamin dan mineral pada pakan udang harus dalam keadaan seimbang, tidak boleh berlebihan, karena jika pakan kelebihan vitamin dan mineral malah akan membahayakan udang.

 

5. Asam Amino

Asam amino adalah komponen penyusun protein yang diperlukan untuk berbagai fungsi biologis. Asam amino yang dimaksud adalah asam amino esensial seperti lisin, metionin, dan treonin yang sangat berguna dalam menjaga kestabilan pertumbuhan dan kesehatan udang.

 

6. Serat

Serat membantu dalam pencernaan dan penyerapan nutrisi. Meskipun udang tidak memerlukan serat dalam jumlah besar, keberadaan serat dalam pakan dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan.

 

Kesimpulan

Pakan udang yang baik harus mengandung nutrisi yang tepat, seperti protein, lipid, karbohidrat, vitamin, mineral, asam amino, dan serat dalam proporsi yang berimbang. Dengan demikian, petambak dapat memastikan pertumbuhan dan kesehatan udang yang optimal demi mendapatkan keuntungan yang maksimal.



Baca Juga

0 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page