top of page
  • Redaktur: Audri Rianto

Inilah Warna Air Tambak Terbaik Untuk Pertumbuhan Udang


Kualitas air berpengaruh langsung terhadap produktivitas tambak untuk meraih kesuksesan pada usaha budidaya udang. Kualitas air yang baik bisa dilihat dari beberapa parameter penyusunnya, seperti kadar oksigen terlarut, pH, salinitas dan lainnya dalam keadaan stabil.



 

Air dengan kualitas yang baik juga memiliki ciri fisik yang bisa dilihat secara langsung oleh petambak. Salah satu ciri air tambak yang baik bisa dilihat dari warnanya. Warna air tambak udang merupakan salah satu indikator utama yang mencerminkan kualitas air dan kesehatan ekosistem tambak.

 

Warna air dapat merepresentasikan jenis dan jumlah plankton serta organisme lain yang ada di dalam air. Nah, pada artikel kali ini kami akan menjelaskan sedikit mengenai beberapa warna air tambak yang paling baik untuk udang.

 

Warna Air Tambak Terbaik

Terdapat dua warna air tambak yang paling baik untuk pertumbuhan dan perkembangan udang, di antaranya adalah

 

  • Hujau Muda atau Hijau Daun Muda

Air tambak dengan warna hijau muda atau hijau daun muda sangat baik bagi tambak, karena ia mengandung plankton dari jenis Chlorophyta, seperti Chorella sp., Scenedesmus sp., Oasystis sp., dan Chiamydomnas sp. Plankton-plankton tersebut bertanggung jawab dalam menyediakan oksigen pada air tambak dan menjaga kualitas air tetap stabil.

 

Air tambak dengan warna ini memiliki kecerahan sekitar 35 cm, menunjukkan bahwa kecerahan berada pada tingkat optimal. Maka dari itu, air tambak dengan warna hijau muda atau hijau daun muda patut untuk dipertahankan.

 

  • Warna Cokelat Muda

Air tambak dengan warna cokelat muda juga tak kalah baik dari warna hijau muda. Air tambak dengan warna ini mengandung plankton dari jenis Diatomae. Plankton jenis ini juga dikenal sebagai plankton baik yang berperan penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem tambak dengan cara memberikan suplai oksigen dan nutrisi untuk udang.

 

Air tambak dengan warna cokelat muda ini juga memiliki tingkat kecerahan sama seperti air tambak berwarna hijau muda, yaitu 35 cm. Jika tambak Anda memiliki warna air cokelat muda, maka tambak Anda berada dalam kondisi yang baik dan patut untuk dipertahankan.

 

Manajemen Kualitas Air

Untuk membuat tambak memiliki warna yang terbaik, maka petambak perlu melakukan pengelolaan kualitas air yang baik, seperti melakukan pengukuran parameter-parameter air secara berkala serta mempertahankan kestabilannya. Sebab, apabila parameter-parameter air dalam keadaan optimal, hal itu akan merangsang plankton baik untuk tumbuh pada tambak.

 

Sirkulasi air yang baik juga memberikan pengaruh dalam menciptakan air tambak yang baik. Sirkulasi air yang baik memungkinkan oksigen dan nutrien tersebar secara menyeluruh, sehingga plankton yang ada di tambak bisa menjangkau dan memanfaatkan nutrien yang diberikan untuk tumbuh. Cara mendapatkan sirkulasi air yang baik ialah menggunakan aerator atau kincir air dengan posisi dan intensitas putaran yang tepat.

 

Kesimpulan

Mempertahankan warna air tambak dalam rentang yang optimal sangat penting untuk kesehatan dan pertumbuhan udang. Warna hijau muda atau hijau daun muda serta cokelat muda adalah warna-warna yang menunjukkan kondisi air tambak yang optimal untuk budidaya udang. Dengan memantau dan mengelola warna air tambak, petambak dapat meningkatkan produktivitas dan kesehatan udang secara keseluruhan.



Baca Juga

133 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page