top of page
Redaktur: Yos Mo

Prospek Udang Indonesia di Pasar AS dalam Era Donald Trump


Seperti yang diketahui bersama, terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden AS membawa pengaruh cukup signifikan dalam kebijakan kerjasa sama perdagangan luar negeri Amerika Serikat. Beberapa kebijakan ekonomi yang akan ditempuh Donald Trump, yaitu mendorong pertumbuhan ekonomi Amerika 4 persen setiap tahun, menarik diri dari Trans-Pacific Partnership, dan renegosiasi NAFTA.

Apabila Donald Trump menjalankan kebijakan ekonomi tertutup tersebut, tentu dapat mempengaruhi ekspor Indonesia. Total ekspor Indonesia ke AS pada tahun 2016 tercatat sekitar sekitar USD 15,3 miliar.

Donald Trump Indonesia

foto: bbc.com

Saat ini Indonesia termasuk sebagai negara produsen udang tertinggi di dunia. Indonesia kuasai pasar ekspor udang ke Amerika Serikat. Sebelumnya pasar ekspor udang ke AS didominasi oleh India.

Menurut data yang dilansir pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan, ekspor udang Indonesia sepanjang Januari hingga Agustus 2016 mencapai 136,3 ribu ton dengan nilai USD 1,13 miliar dolar.

Ekspor udang

foto: noeyeddeer.com

Direktur Jenderal Penguatan Daya Siang Produk Kelautan dan Perikanan KKP, Nilanto Perbowo mengungkapkan bahwa dirinya optimis prospek kinerja ekspor produk perikanan ke Amerika Serikat tetap bagus di tahun 2017.

Namun, sejumlah catatan menjadi lampu kuning bagi pemerintah dan dunia usaha dalam menyikapi kebijakan yang akan diambil Donald Trump. Nilanto Perbowo mengatakan KKP terus memonitor perubahan kebijakan yang dilakukan Trump terutama menyangkut perdagangan dan hubungan dagang AS dengan Indonesia.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan serupa, bahwa pemerintah Indonesia akan mewaspadai dampak kebijakan Presiden AS, Donald Trump. Dunia kini sedang menunggu dengan cemas tentang penerapan kebijakan perdagangan proteksionis yang diucapkan oleh Donald Trump pada masa kampanye.

BACA JUGA INFORMASI BUDIDAYA UDANG LAINNYA

Hubungi Customer Sales Representative kami di

Indah Sari Windu Medan: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia Telp: 061 4571 224

Up. Teguh Raharjo

0812 6065 5496

374 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page